Mengenal Kelebihan dan Kekurangan CV untuk Pengusaha Pemula

4 Juli 2024 oleh
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan CV untuk Pengusaha Pemula
Rina Arista Putri

Memulai bisnis adalah langkah besar yang memerlukan banyak pertimbangan, salah satunya adalah memilih bentuk badan usaha yang tepat. Salah satu bentuk badan usaha yang cukup populer di Indonesia adalah Commanditaire Vennootschap (CV). Bagi pengusaha pemula, memahami kelebihan dan kekurangan CV sangat penting sebelum memutuskan untuk mendirikan usaha dalam bentuk ini. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan CV agar dapat menjadi panduan bagi Anda yang baru memulai perjalanan sebagai pengusaha.


Commanditaire Vennootschap, atau CV, adalah bentuk badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan menjalankan usaha bersama. CV terdiri dari dua jenis sekutu: sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan usaha sehari-hari, sementara sekutu pasif hanya menyetor modal dan tidak terlibat dalam pengelolaan operasional perusahaan. Berikut adalah kelebihan CV yang dapat ditinjau:

1. Proses Pendirian yang Lebih Mudah dan Cepat

Salah satu kelebihan utama dari CV adalah proses pendiriannya yang relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan bentuk badan usaha lain seperti Perseroan Terbatas (PT). Pendirian CV tidak memerlukan persyaratan modal minimum dan prosedurnya lebih sederhana.

2. Tidak Memerlukan Modal Minimum

CV tidak memiliki persyaratan modal minimum untuk pendiriannya. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengusaha pemula yang mungkin memiliki keterbatasan modal untuk memulai usaha.

3. Kepemilikan yang Fleksibel

Struktur kepemilikan CV lebih fleksibel karena terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Ini memungkinkan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas antara pengelola usaha dan pemodal.

4. Kemudahan dalam Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dalam CV cenderung lebih cepat karena dilakukan oleh sekutu aktif yang memiliki wewenang penuh untuk menjalankan operasional perusahaan. Tidak perlu adanya rapat umum pemegang saham seperti dalam PT.


Kekurangan CV:

1. Tanggung Jawab Tidak Terbatas

Salah satu kekurangan utama dari CV adalah sekutu aktif memiliki tanggung jawab pribadi yang tidak terbatas atas utang dan kewajiban perusahaan. Artinya, jika perusahaan mengalami kerugian atau kebangkrutan, sekutu aktif harus bertanggung jawab menggunakan harta pribadinya.

2. Sulit Mendapatkan Modal Tambahan

Karena bukan badan hukum, CV mungkin mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal tambahan dari investor atau lembaga keuangan. Investor cenderung lebih berhati-hati karena adanya risiko tanggung jawab pribadi yang tidak terbatas.

3. Keberlangsungan Usaha Tidak Terjamin

Keberlangsungan CV sangat bergantung pada sekutu aktif. Jika sekutu aktif meninggal dunia atau keluar dari perusahaan, keberlangsungan usaha bisa terancam. Hal ini berbeda dengan PT yang memiliki keberlanjutan yang lebih terjamin karena merupakan badan hukum.

4. Keterbatasan Skalabilitas

CV umumnya lebih cocok untuk usaha kecil dan menengah. Untuk usaha besar yang memerlukan struktur kepemilikan yang kompleks dan kebutuhan modal yang besar, bentuk PT mungkin lebih sesuai.


Untuk mendirikan CV, ada beberapa langkah yang perlu diikuti, diantaranya:

1. Pembuatan Akta Pendirian

Pendirian CV harus dilakukan dengan akta notaris yang memuat anggaran dasar dan perjanjian antara para sekutu. Akta ini mencakup detail mengenai nama perusahaan, jenis usaha, modal, dan struktur kepemilikan.

2. Pendaftaran ke Pengadilan Negeri

Setelah akta pendirian dibuat, CV harus didaftarkan ke pengadilan negeri setempat untuk memperoleh pengesahan. Ini adalah langkah penting untuk memberikan legitimasi hukum pada perusahaan.

3. Pengumuman dalam Berita Negara

Pendirian CV harus diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia sebagai bentuk transparansi dan informasi kepada publik mengenai keberadaan perusahaan.


Memilih bentuk badan usaha yang tepat adalah langkah awal yang krusial dalam memulai bisnis. CV menawarkan berbagai kelebihan seperti proses pendirian yang mudah, fleksibilitas kepemilikan, dan kemudahan pengambilan keputusan. Namun, ada juga kekurangan yang perlu dipertimbangkan, seperti tanggung jawab pribadi yang tidak terbatas dan kesulitan dalam mendapatkan modal tambahan.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mendirikan CV atau membutuhkan konsultasi hukum dan perpajakan, perusahaan AMZ adalah mitra yang tepat untuk Anda. AMZ menyediakan layanan konsultasi yang komprehensif untuk membantu Anda memahami dan mengatasi berbagai aspek hukum dan perpajakan dalam mendirikan dan menjalankan usaha. Dengan dukungan dari tim ahli AMZ, Anda dapat memastikan bahwa semua langkah yang diambil sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bisnis Anda berjalan dengan lancar. Hubungi AMZ sekarang untuk konsultasi lebih lanjut dan mulailah perjalanan bisnis Anda dengan langkah yang tepat dan percaya diri.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan CV untuk Pengusaha Pemula
Rina Arista Putri 4 Juli 2024
Share post ini
Label