Mengenal Dasar Hukum Pendirian PT di Indonesia

27 Juni 2024 oleh
Mengenal Dasar Hukum Pendirian PT di Indonesia
Rina Arista Putri

Perseroan Terbatas (PT) adalah bentuk badan usaha yang paling umum digunakan di Indonesia. Memahami dasar hukum pendirian PT sangat penting bagi para pengusaha yang ingin menjalankan usahanya dengan legal dan terstruktur. Artikel ini akan membahas langkah-langkah dan dasar hukum pendirian PT di Indonesia, serta manfaat yang bisa diperoleh dengan mendirikan PT.

 

Pendirian PT di Indonesia diatur oleh berbagai peraturan perundang-undangan. Berikut adalah dasar hukum yang utama dalam pendirian PT:

  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas: UU ini merupakan dasar hukum utama yang mengatur pendirian, pengelolaan, dan pembubaran PT di Indonesia. UU ini mencakup berbagai aspek penting seperti modal dasar, struktur organisasi, rapat umum pemegang saham, dan lain-lain.


  • Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law): UU Cipta Kerja memperkenalkan berbagai perubahan signifikan dalam regulasi bisnis di Indonesia, termasuk pendirian PT. Salah satu perubahan penting adalah diperbolehkannya pendirian PT oleh satu orang (PT Perorangan), yang sebelumnya harus didirikan oleh minimal dua orang.


  • Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 21 Tahun 2021:

Peraturan ini mengatur modal dasar minimum dan persyaratan administrasi lainnya untuk pendirian PT Perorangan.

 

Adapun langkah-langkah pendirian PT yang harus diketahui sebelum menjalankannya. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam mendirikan PT di Indonesia:

  1. Persiapan Dokumen
    1. Identitas Pendiri: KTP dan NPWP pendiri.
    2. Modal Dasar: Menyiapkan modal dasar yang disetor minimal 25% dari total modal dasar.
    3. Surat Keterangan Domisili: Menunjukkan lokasi usaha.
  2. Pemilihan Nama Perusahaan
    1. Nama perusahaan harus unik dan belum digunakan oleh perusahaan lain. Nama ini harus didaftarkan dan disetujui oleh Kementerian Hukum dan HAM.
  3. Penyusunan Akta Pendirian
    1. Akta pendirian harus dibuat di hadapan notaris. Akta ini berisi anggaran dasar perusahaan, termasuk struktur organisasi, jumlah modal, dan informasi pendiri.
  4. Pendaftaran Akta Pendirian
    1. Setelah akta pendirian dibuat, langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya secara elektronik kepada Menteri Hukum dan HAM melalui sistem AHU Online.
  5. Pengesahan Badan Hukum
    1. Setelah pendaftaran, Menteri Hukum dan HAM akan mengesahkan status badan hukum PT tersebut. Pengesahan ini menandai bahwa PT telah resmi berdiri secara hukum.

 

Manfaat Mendirikan PT

  • Perlindungan Hukum: Dengan mendirikan PT, pemilik usaha mendapatkan perlindungan hukum berupa tanggung jawab terbatas. Ini berarti pemilik hanya bertanggung jawab sebesar modal yang disetorkan ke perusahaan.
  • Kredibilitas: PT memiliki kredibilitas yang lebih tinggi di mata mitra bisnis, investor, dan pelanggan. Legalitas usaha yang jelas meningkatkan kepercayaan dan profesionalisme perusahaan.
  • Kemudahan Akses Permodalan: PT lebih mudah mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan dan investor. Struktur perusahaan yang jelas dan laporan keuangan yang teratur membuat PT lebih menarik bagi investor.
  • Keberlanjutan Usaha: PT memiliki keberlanjutan yang lebih tinggi karena statusnya sebagai badan hukum terpisah. Usaha bisa tetap berjalan meskipun terjadi perubahan kepemilikan.

 

Memahami dan mengikuti dasar hukum pendirian PT di Indonesia sangat penting untuk menjalankan usaha yang legal dan terstruktur. Dari persiapan dokumen hingga pengesahan badan hukum, setiap langkah memiliki aturan yang harus diikuti dengan cermat. Dengan mendirikan PT, pengusaha tidak hanya mendapatkan perlindungan hukum dan kredibilitas, tetapi juga berbagai manfaat lain yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam proses pendirian PT atau ingin memastikan bahwa semua aspek hukum dan administrasi terpenuhi dengan baik, perusahaan AMZ adalah mitra yang tepat. AMZ menyediakan layanan konsultasi yang komprehensif untuk membantu Anda mendirikan dan mengelola PT dengan mudah dan efisien. Hubungi AMZ sekarang dan wujudkan impian bisnis Anda dengan langkah yang tepat dan terencana.

 




Mengenal Dasar Hukum Pendirian PT di Indonesia
Rina Arista Putri 27 Juni 2024
Share post ini
Label