Kelebihan SAK EP untuk Usaha Kecil dan Menengah

30 Juni 2024 oleh
Kelebihan SAK EP untuk Usaha Kecil dan Menengah
Rina Arista Putri

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP) adalah standar akuntansi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan entitas privat di Indonesia. Standar ini diadaptasi untuk memberikan pedoman yang lebih sederhana dan relevan bagi entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan, seperti usaha kecil dan menengah (UKM). Artikel ini akan membahas kelebihan SAK EP dan bagaimana standar ini dapat membantu UKM dalam mengelola laporan keuangan mereka.

 

SAK EP adalah standar akuntansi yang berlaku khusus untuk entitas privat yang tidak diwajibkan mengikuti Standar Akuntansi Keuangan Umum. Entitas privat di sini merujuk pada perusahaan yang dimiliki oleh individu atau sekelompok kecil pemilik dan tidak diwajibkan melaporkan keuangannya kepada publik atau regulator pasar modal. SAK EP disusun untuk memberikan panduan yang lebih sederhana dibandingkan dengan standar akuntansi umum, sehingga lebih mudah diterapkan oleh UKM.

Kelebihan SAK EP untuk UKM

  • Sederhana dan Mudah Dipahami

SAK EP dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kapasitas UKM. Standar ini menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pemilik usaha dan staf akuntansi yang mungkin tidak memiliki latar belakang akuntansi yang kuat dapat mengaplikasikannya dengan baik.

  • Mengurangi Beban Administrasi

Dengan SAK EP, proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih sederhana. Hal ini mengurangi beban administrasi yang sering kali menjadi kendala bagi UKM. Pengusaha dapat fokus pada pengembangan bisnis tanpa terlalu terbebani oleh kompleksitas pelaporan keuangan.

  • Biaya Lebih Rendah

Penggunaan SAK EP dapat mengurangi biaya yang terkait dengan penyusunan dan audit laporan keuangan. Karena standar ini lebih sederhana, biaya untuk jasa akuntansi dan audit juga menjadi lebih terjangkau bagi UKM.

  • Relevan dengan Kebutuhan UKM

SAK EP dirancang khusus untuk UKM, sehingga standar ini lebih relevan dengan kebutuhan dan kondisi operasional UKM. Misalnya, aturan-aturan dalam SAK EP lebih fleksibel dan disesuaikan dengan skala dan kompleksitas usaha kecil dan menengah.

  • Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan

Meskipun lebih sederhana, SAK EP tetap memberikan pedoman yang jelas untuk penyusunan laporan keuangan yang akurat dan dapat diandalkan. Hal ini membantu UKM dalam menyajikan informasi keuangan yang transparan dan berkualitas, yang penting untuk pengambilan keputusan bisnis.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pemangku Kepentingan

Laporan keuangan yang disusun berdasarkan SAK EP memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan UKM. Ini dapat meningkatkan kepercayaan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemilik, kreditor, dan mitra bisnis.

 

Menurut SAK EP, laporan keuangan yang harus disusun oleh UKM meliputi:

  1. Laporan Posisi Keuangan (Neraca): Menyajikan aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan.
  2. Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain: Menyajikan pendapatan, beban, laba atau rugi, serta komponen penghasilan komprehensif lain.
  3. Laporan Perubahan Ekuitas: Menyajikan perubahan dalam ekuitas perusahaan selama periode pelaporan.
  4. Laporan Arus Kas: Menyajikan arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.
  5. Catatan atas Laporan Keuangan: Menyajikan kebijakan akuntansi dan informasi tambahan yang relevan.

 

Penerapan SAK EP memerlukan pemahaman yang baik tentang standar ini dan bagaimana menerapkannya dalam konteks bisnis UKM. Pelatihan dan dukungan teknis sering kali diperlukan untuk memastikan bahwa UKM dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EP. Pengusaha juga perlu memperhatikan bahwa meskipun SAK EP lebih sederhana, tetap ada prinsip-prinsip akuntansi yang harus diikuti untuk menjaga kualitas dan keandalan laporan keuangan.

 

SAK EP adalah solusi yang ideal untuk UKM yang ingin menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi tanpa terbebani oleh kompleksitas dan biaya yang tinggi. Dengan menggunakan SAK EP, UKM dapat mengurangi beban administrasi, menekan biaya, dan tetap menyajikan laporan keuangan yang akurat dan dapat diandalkan.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam memahami dan menerapkan SAK EP, AMZ adalah mitra yang tepat untuk Anda. Dengan pengalaman dan keahlian dalam bidang akuntansi dan manajemen keuangan, AMZ siap membantu UKM dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EP, memastikan bahwa bisnis Anda berjalan sesuai dengan standar yang berlaku. Hubungi AMZ sekarang dan temukan bagaimana layanan kami dapat membantu mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Kelebihan SAK EP untuk Usaha Kecil dan Menengah
Rina Arista Putri 30 Juni 2024
Share post ini
Label